Selasa, 23 April 2013

Dibutuhkan 51 PANWASCAM

Panwaslu Sleman Butuh 51 Anggota Panwascam

SLEMAN - Panwas Kabupaten Sleman memerlukan sebanyak 51 anggota Panwascam  untuk ditempatkan di 17 kecamatan yang ada. “Di setiap kecamatan dibutuhkan tiga orang. Kebutuhan ini mengingat tahapan Pemilu 2014 terus berjalan dan fungsi pengawasan juga harus dilakukan,” kata Ketua Panwas Kabupaten Sleman, Sutoto Jamiko, Selasa (23/4).

Menurutnya, terbentuknya Panwascam harus segera dilakukan karena Panwascam merup akan lembaga adhoc di tingkat kecamatan yang mempunyai tugas mengawasi setiap tahapan Pemilu seperti melakukan pencermatan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan juga Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014.


Pendaftaran Calon Anggota Panwascam akan dimulai 29 April - 7 Mei 2013 di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman. Sedangkan untuk perekrutan dan seleksi calon anggota Panwascam Sepenuhnya dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Sleman.

Tes meliputi seleksi adminis rasi, tes tertulis dan tes wawancara. Seleksi administrasi dilakukan mulai 29 April -7 Mei 2013 dan diumumkan pada 10 Mei. Sedangkan seleksi tulis dilaksanakan pada 16 Mei. Sementara seleksi wawancara akan dilakukan pada 20-22 Mei di Kantor Panwaslu Kabupaten Sleman. Pengumuman calon Panwascam ditetapkan pada 24 Mei dan akan dilantik 30 Mei.

Disinggung tentang persyaratannya, Sutoto menuturkan tidak berbeda jauh beda dengan persyaratan Panwascam pada pemilu tahun 2009 yang lalu, seperti surat lamaran, ijazah terakhir, pasfoto, fotokopi KTP dan surat kesehatan. Namun yang terpenting adalah memahami tugas-tugas pengawasan seluruh tahapan Pemilu, mempunyai integritas, jujur dan non partisan.

Mengenai kelengkapan informasi bisa dilihat di www.panwaslusleman.go.id atau bisa ditanyakan ke Kantor Panwaslu Kabupaten Sleman, Jalan Candigebang No 3 Beran Tridadi Sleman Telp. 0274- 865753 atau 0274-868405 ext.
1567, setiap hari jam kerja.

Sementara itu, perebutan kursi DPRD Provinsi D1Y di wilayah Bantul semakin sengit. Dalam DCS yang diserahkan parpol, beberapa elit politik Bantul bersaing untuk mendulang suara.Salah satunya adalah Ketua DPR D Bantul, Tustiyani, yang nyaleg dan PDIP mewakili dapil Bantul timur.

Diakui Tusti, persaingan mendulang suara di dapilnya sangat ketat, mengingat beberapa kompetitor memiliki basis pendukung masa yang sama kuat. “Saya optimis. Asal fair play, berani diadu,” ujar Tusti, Selasa (23/4).
Ditanya kader partai PDIP lain yang maju melalui dapil Bantul Barat yakni, Jun Prasetyo Purbodiningrat, Tusti mengatakan, bahwa Jun memang tinggal di Yogya, namun diminta mewakili wilayah Bantul Barat. “Harapannya beliau bisa menambah pundi-pundi suara PDIP. Bukannya hanya nunut mendapat dukungan,” imbuh Eko Yulianto, anggota Fraksi PDIP. (cba/yud) 
Sumber : Tribun Jogja, Hal : 14, Hari : Rabu, 24 April 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar