Kamis, 25 April 2013

Pendaftaran Panwascam

Panwaslu Buka Pendaftaran Panwascam

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sleman membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), 29 April - 7 Mei. Panwaslu membutuhkan 51 calon anggota panwascam untuk 17 kecamatan. Masing-masing kecamatan dibutuhkan tiga orang untuk mengawasi semua tahapan pemilu di area kecamatan.

Berkas sudah dikirim ke kecamatan semua. Pendaftaran panwascam dilaksanakan di 17 kecamatan serta kantor Panwaslu Sleman Jalan Candigebang 3 Beran Tridacli,” kata Ketua Panwaslu Sleman, Drs Sutota Jatmiko MM kepada KR, Rabu (24/4). Pelantikan panwascam direncanakan 30 Mei mendatang.


Perekrutan dan seleksi calon anggota Panwascam sepenuhnya dilakukan oleh Panwaslu Sleman. Meliputi seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara. Seleksi administrasi dilaksanakan 29April-7 Mei, seleksi tertulis 12 Mei. Selanjutnya seleksi wawancara, 20-22 Mei di kantor Panwaslu Sleman oleh anggota Panwaslu kabupaten. Pengumuman calon panwascam ditetapkan path 24 Mei.

Adapun persyaratan untuk menjadi calon anggota panwascam tidak jauh berbeda dengan pemilu tahun 2009 lalu. Antara lain berpendidikan paling rendah SLTA sederajat, berusia paling rendah 25 tahun, berdomisili di wilayah kerja Panwaslu Kecamatan dibuktikan dengan KTP mampu secara jasmani dan rohani. Syarat lainnya tidak pemah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dan keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun pada saat mendaftarkan diri.

”Yang tak kalah panting, calon panwascam harus memahami tugas-tugas kepengawasan seluruh tahapan Pemilu, mempunyai integritas, jujur dan nonpartisan,”tutumya.

Panwascam merupakan lembaga adhoc di tingkat kecamatan yang mempunyai tugas mengawasi setiap tahapan pemilu seperti melakukan pencermatan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014. Selama panwascam belum terbentuk, tugas pengawasan dilakukan oleh seluruh komisioner Panwaslu Kahupaten. (Ast)-a

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Hari : Kamis, 24 April 2014, Hal : 6
Keterangan lebih lanjut tentang panwascam di Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar